Rabu, 16 November 2011

Latihan

a. Soal Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar.
1. Perangkat lunak yang berfungsi menjembatani manusia dan komputer dalam hal
instruksi atau perintah disebut . . . .
a. terminalb. sistem operasi
c. software aplikasi
d. antivirus
e. periferal
2. Central Processing Unit atau CPU menerima arus listrik melalui sebuah komponen yang
disebut . . . .
a. processor
b. floppy
c. power supply
d. DVD ROM
28 Dasar-dasar Pengoperasian Komputer
e. port serial
3. Port yang dapat menghubungkan CPU dengan mouse disebut . . . .
a. port VGA
b. power supply
c. floppy
d. port PS/2
e. port Firewire
4. Perangkat komputer memerlukan sebuah perangkat lunak (program) untuk mengatur
konektifitas antar perangkat keras yang ada dalam komputer. Perangkat lunak semacam
itu disebut . . . .
a. terminal
b. sistem operasi
c. low level language
d. high level language
e. hibernate
5. Mengaktifkan ulang komputer yang awalnya sudah aktif disebut . . . .
a. shutdown
b. command line interface
c. restart
d. cold booting
e. Linux
6. Aplikasi yang berfungsi menjalankan perintah command line disebut . . . .
a. OpenOffice.org Writer
b. Terminal
c. Home Folder
d. Desktop
e. Port
7. Mengunci desktop aktif atau tampilan layar komputer yang sedang aktif agar orang lain
yang tidak berhak tidak dapat masuk ke sistem disebut . . . .
a. lock screen
b. sleep
c. logout
d. shutdown
e. switch user
8. Perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk menangkap objek yang terdapat pada
layar monitor adalah . . . .
a. Home Folder
b. RJ45
c. Take Screenswarm
d. Replace
e. Paste
9. Perangkat lunak yang berfungsi merawat sistem komputer disebut . . . .
a. utility
Dasar-dasar Pengoperasian Komputer 29
b. high level language
c. port serial
d. port parallel
e. defrag
10. Manakah di bawah ini yang termasuk perangkat lunak sistem operasi ?
a. Linux
b. Terminal
c. Port
d. USB
e. RJ45
b. Soal Teori
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan komponen komputer dan sebutkan contohnya.
2. Port USB merupakan port universal yang dapat menghubungkan berbagai perangkat.
Sebutkan minimal 5 perangkat yang dapat dihubungkan melalui port USB.
3. Terangkan prosedur mengaktifkan komputer yang benar.
4. Sebutkan tahapan-tahapan untuk merangkai peralatan komputer.
5. Jelaskan langkah-langkah mematikan komputer yang benar.

JAWABAN SOAL URAIAN :

1. Komponen Komputer - Presentation Transcript

Apa Itu Komputer ? Apa yang dimaksud dengan SIKLUS Pemrosesan Informasi. dInput Informasi (INPUT) (OUTPUT ) dProses (PROSES) dOutput TEMPAT PENYIMPANAN dPenyimpanan dKomunikasi KONTROL Pengantar Teknologi Informasi 1
KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER APA ITU PIRANTI INPUT ? PERANGKAT KERAS (HARD WARE) UNTUK MEMASUKKAN DATA DAN INTRUKSI: Bersifat Barang yang dapat dipegang. Pengantar Teknologi Informasi 2
KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER APA ITU PIRANTI OUTPUT ? PERANGKAT KERAS (HARD WARE) YANG MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNANYA : Pengantar Teknologi Informasi 3
KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER YANG DIKATAKAN SEBUAH NETWORK ADALAH : SEKUMPULAN KOMPUTER DAN PIRANTI YANG TERHUBUNG SATU SAMA LAIN. Media Piranti Komunikasi Komunikasi Kabel Satelit Memungkinkan Saluran Radio Koneksi antar Telpon Seluler Komputer Salah Satunya MODEM (MOdulator DEMudulator) Pengantar Teknologi Informasi 4
TINGKATAN DALAM MANAJEMEN INFORMASI ADA 3 TINGKATAN DALAM KOMPUTER (BRAIN WARE) : 1. TKT. OPERATOR : orang yang hanya dapat memakai komputer dengan aplikasi yang seadanya saja pada komputer tersebut. 2. TKT. PROGRAMMER : orang yang dapat memakai komputer beserta dengan bahasa- bahasa yang dipunyai oleh komputer tersebut. 3. TKT. ANALYST : Orang yang dapat merancang kehidupan sehari-hari menjadi kehidupan komputer. Pengantar Teknologi Informasi 5
DALAM MANAJEMEN INFORMASI 3 TINGKATAN : • TINGKAT PEMULA ( dapat memakai) • TINGKAT RAMU (Pemakai yang Fasih) • TINGKAT RAKIT. RAKIT 1.TKT. PEMULA (Pemakai) : setingkat dengan operator yang hanya dapat meng- operasikan sebuah komputer dengan system aplikasi yang seadanya saja. atau manajer yang tidak punya banyak waktu untuk belajar manajemen informasi. Pengantar Teknologi Informasi 6
2. TKT. RAMU (Pemakai yang fasih) Pemakai mengetahui seluk-beluk komputer, mengetahui satu / dua bidang saja yang dikuasai tetapi tidak memahami dan mengetahui di bidang yang lain. Mereka dapat meramu/mengatasi dalam pemecahan masalah yang timbul pada bidang pekerjaannya saja. 3. TKT RAKIT : Apa yang harus dicapai oleh pimpinan (Information Literate) Pengantar Teknologi Informasi 7
SYSTEM KOMPUTER DIBAGI DALAM 3 KATAGORI : 1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) 2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) 3. BRAINWARE (PEMIKIR) 1. HARDWARE /PIRANTI KERAS/PERANGKAT KERAS : Adalah semua peralatan fisik komputer untuk pengolahan data yg dapat dilihat dan dipegang lebih bersifat barang. Pengantar Teknologi Informasi 8
1. SOFTWARE /PIRANTI LUNAK/ PERANGKAT LUNAK : Adalah semua elemen yang tidak dapat dilihat dan dipegang, lebih bersifat sistem kerja, prosedur kerja, dan langkah kerja. Exp : Program Aplikasi, Bahasa Program, dokumentasi / media penyimpanan lainnya. Pengantar Teknologi Informasi 9
Brainware / Perangkat Pemikir : adalah elemen yang tidak dapat dilihat / dipegang karena bersifat ide-ide atau gagasan atau juga pemikiran manusia Kalau jadi pemikir sehingga produk yang dihasilkan dapat maximal. jangan Lemot … Awass Contoh dibidang Property : Peragkat Keras : Tanah, Gedung, Rumah & barang Oke. lainnya. Jgn Esmosi.. Perangkat Lunak : Tata cara & Prosedur kepemilikan. Perangkat Pemikir : Ide-ide atau rencana agar produk yang dikelola mendatangkan keuntungan Pengantar Teknologi Informasi 10
PERANGKAT-PERANGKAT TERSEBUT SALING BERINTEGRASI SATU SAMA LAINNYA SEHINGGA KESELURUHANNYA AKAN MENDUKUNG SUATU SISTEM UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. Pengantar Teknologi Informasi 11
MENURUT JENIS APLIKASINYA KOMPUTER DIBAGI MENJADI 5 KATAGORI YAITU : 1. KEGIATAN MAHA (BUSSINESS SYSTEMS) 2. SAINS (SCIENTIFIC SYSTEM) 3. PRODUKSI ATAU PABRIKASI (PRODUCTION / MANUFACTURERING SYSTEM) 4. PENGAMBILAN KEPUTUSAN (DECISICION MAKER) 5. KATAGORI LAINNYA - PENDIDIKAN - GAMES - KEUANGAN . DLL. Pengantar Teknologi Informasi 12
APLIKASI KOMPUTER DALAM MASYARAKAT BEBERAPA CONTOH PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT.  PENDIDIKAN.  KEUANGAN.  PEMERINTAHAN / E-GOV.  KESEHATAN.  ILMU PENGETAHUAN.  PENERBITAN, BISNIS.  TRANSPORTASI.  INDUSTRI. DLL Pengantar Teknologi Informasi 13
Dalam Sistem Bisnis, Komputer diorientasikan untuk melaksanakan fungsi-fungsi Operasional perusahaan, Intensif data dan pengolahan data yang berulang-ulang. Contoh Aplikasi komputer Bisnis sebagai berikut : • Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Sistem penjualan, Piutang dagang,Transaksi. Dll • Sistem Informasi Pemasaran (SIPEM) • Sistem Pengelolaan Persediaan (biaya bunga, Barang Gudang, Penyimpanan barang, biaya penyediaan, dan Kerusakan barang) LIFO, FIFO Pengantar Teknologi Informasi 14
Unsur-unsur utama sistem Bisnis adalah sbb : • Program Penyortiran Data dari bentuk masukan yang standart skrining data dikelompokkan, dievaluasi dan diposting dalam file transaksi. • File transaksi yang setiap transaksi berisi satu record. File-file transaksi seperti penjualan atau pembayaran kas digunakan untuk memutahirkan file-file induk atau master file. • File induk yang berisi saldo, sejarah, informasi latar belakangyang tidak diperlukan dalam pemrosesan seperti alamat pelanggan. Pengantar Teknologi Informasi 15
4. Program pemutahiran file-file induk menye- suaikan data dengan file induknya menurut katagori tertentu (Up Date master list) 5. Program Pengolahan File  mengadministrasi- kan data file induk menambah, menghapus, mengoreksi data yang salah datanya. 6. Program pelaporan (retrive) data dipilih dan menyiapkan informasi yang diperlukan mana- jemen perusahaan. Dilanjutkan hal 17 Pengantar Teknologi Informasi 16
Unsur-unsur utama sistem SCIENTIFIC diorien- tasikan untuk melaksanakan fungsi – fungsi yang berkaitan dengan Penelitian (riset). Klasifikasi sistem-sistem komputer lainnya seperti sistem yang berkaitan dengan Pendidikan, Permainan (games), kecerdasan buatan (AI = Artificial Intellegent), sistem pakar (Expert system) . Pengantar Teknologi Informasi 17
Menurut Perkembangan TEKNOLOGINYA Komputer dibedakan menjadi 4 kelompok : 1. GENERASI PERTAMA : Menggunakan komponen piranti keras tabung hampa (vacum tube) dan menggunakan bahasa mesin. 2. GENERASI KEDUA : menggunakan transistor (magnetic storega) dan bahasa perakitan ( assembly Language) 3. GENERASI KETIGA : menggunakan rankaian terpadu (Integrated Circuit) Metal Oxide Semi conduktor (MOS), Silicon (Silicon On Savier atau SOS). 4. GENERASI SELANJUTNYA : Menggunakan Chip dengan Integrasi yang sangat kuat (Very Large Scale Integration atau VLSI) Yaitu Chip yang berisi 10.000 gerbang logika atau lebih dan bahasa tingkat sangat tinggi (very High Level Language) Pengantar Teknologi Informasi 18
Dalam Sistem PENDIDKAN, Komputer diorientasikan untuk melaksanakan fungsi-fungsi Operasional Administrasi Kantor, Pelayanan dan Pengolahan data yang berulang- ulang. Contoh Aplikasi komputer Pendidikan sebagai berikut : •Sistem Informasi Keuangan (SIKEU) Sistem Penggajian, Piutang,Transaksi. •Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Sistem Penerimaan Pegawai, Sistem Kenaikan Pangkat, Karier Pegawai Pensiun, dll. •Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sistem tentang pemrosesan akademik mahasiswa. Pengantar Teknologi Informasi

2. PERANGKAT YG DIHUBUNGKAN MELALUI PORT USB :
1. flasdisk
2. mouse
3 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar